Beranda > cerita, Informasi, Lain Lain, tips kesehatan > Posisi tidur yang baik untuk kesehatan

Posisi tidur yang baik untuk kesehatan

Posisi tidur yang baik untuk kesehatan.. bahwa posisi tidur mempengaruhi kesehatan bila dilakukan secara salah. Oleh karena itu, saya akan membahasa posisi tidur seperti apakah yang baik bagi kesehatan. Baiklah langsung saja, ini dia beberapa posisi tidur yang baik!

Telentang

Selain menghindari sakit di area leher dan punggung, posisi ini juga dapat meredam masalah di perut. Gunakan bantal dengan ketebalan sedang untuk menyangga kepala agar kerongkongan lebih tinggi dari posisi perut. Ini efektif mencegah asam lambung.

Tak adanya gesekan tubuh bagian depan ke bantal atau kasur juga membantu mencegah keriput di wajah dan payudara. Namun, posisi ini tidak baik untuk mereka yang memiliki kebiasaan mendengkur.
Tidur dengan punggung menempel sempurna di kasur memudahkan kepala, leher, dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini menjaga bentuk tulang punggung agar tak melengkung.
Miring
Posisi ini juga efektif menghindari sakit leher dan punggung, mencegah produksi asam lambung, sekaligus meredam dengkuran. Posisi ini juga sangat baik untuk wanita yang tengah mengandung karena akan memperlancar aliran darah.
Namun, posisi ini tidak bersahabat bagi elastisitas kulit wajah dan payudara. “Gesekan salah satu sisi wajah ke bantal bisa memicu keriput, juga tekanan payudara yang tak seimbang mengganggu elastisitasnya,” kata Dee Anna Glaser, MD, seorang profesor dermatologi di Saint Louis University.
“Gunakan bantal yang bisa mengisi celah antara pundak dan kepala sehingga kepala dan leher bisa tersangga pada posisi yang netral,” Ken Shannon, seorang terapis fisik dari Bringham and Woman’s Hospital, Boston, menambahkan.
Setengah Duduk
Posisi ini sangat baik untuk wanita hamil dan mereka yang memiliki gangguan mendengkur parah. Posisi ini akan memperlancar saluran pernapasan.
Meski bukan posisi tidur yang disarankan, tidur dengan ganjalan bantal hinggung punggung juga menghindari sakit leher dan punggung, mencegah keriput, dan menjaga elastisitas payudara.
“Posisi ini melengkung sehingga membatasi pernapasan diafragma,” kata Dody Chang, seorang ahli akupunktur berlisensi dari Center for Integrative Medicine di Greenwich Hospital, Connecticut.
Tengkurap
ni dikata sebagai posisi tidur paling buruk. “Tidur dengan perut menempel di kasur membuat tulang belakang sulit mempertahankan posisi netral,” kata Shannon.

Posisi tersebut juga akan memicu sakit leher karena kepala otomatis akan menghadap ke salah satu sisi dalam waktu cukup lama. “Tapi posisi ini sangat baik untuk mereka yang punya masalah mendengkur parah,” kata Eric Olson, MD, direktur Mayo Clinic Center yang fokus menangani masalah tidur, di Rochester, Minnesota.

Nah, sobat. itulah tadi posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Terima kasih
Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: