Beranda > blogger, Informasi, tips internet, tutorial, tutorial website > Seperti apakah search engine itu bekerja

Seperti apakah search engine itu bekerja

Search Engine/Mesin Pencari mempunyai peranan yang sangat penting untuk membawa pengunjung ke situs Anda. Karena itu lebih baik untuk mengetahui bagaimana Search Engine ini benar-benar bekerja dan bagaimana mereka menyajikan informasi kepada penggunanya melalui proses pencarian.
G o o g l e adalah Search Engine yang paling banyak digunakan, apalagi di wilayah Indonesia . Search Engine ini menggunakan robot yang disebut crawler atauspider.
Search Engine menggunakan spider untuk mengindeks situs web. Ketika Anda mengirimkan halaman situs Web Anda ke mesin pencari dengan melengkapi halaman pendaftaran yang merekaperlukan, spider mesin pencari akan mengindeks seluruh situs. ‘ Spider ‘ adalah sebuah program otomatis yang dijalankan oleh sistem mesin pencari. Spider mengunjungi situs web, membaca konten pada situs , Meta tag situs dan juga mengikuti link yang ada di situs tersebut. Bagi spider, linkitu seperti pintu menuju halaman lain yang akan diindeks. Spider kemudianmen gembalikan semua informasi itu ke pusat penyimpanan, di mana data diindeks. Spider akan mengunjungi setiap link situs yang ada di situs Web Anda dan mengindeks situs-situs tersebut juga. Beberapa Spider hanya akan mengindeks sejumlah halaman di situs Anda.
Spider secara berkala akan kembali ke situs untuk memeriksa informasi yang telah berubah. Frekuensi yang terjadi ini ditentukan oleh moderator dari mesin pencari.
Spider hampir menyerupaisebuah buku yang berisikan daftar isi, konten yang sebenarnya dan link serta referensi bagi semua situs Web yang ditemukan selama pencarian, dan mungkin mengindeks hingga satu juta halaman dalam sehari.
Contoh Search Engine selain Google yang menggunakan Spider adalah: Excite , Lycos , dan AltaVista.
Bila Anda meminta sebuah Search Engine untuk mencari informasi, sebenarnya Search Engine akan mencari melalui indeks yang telah dibuat dan tidak benar-benar mencari Web sebenarnya. Ini dibuktikansaat saya menghapus sebuah artikel di Blog, namun artikel tersebut masih terindeks di SearchEngine, walaupun dalam beberapa hari kemudian tidak terindeks lagi. Mungkin karena Spider sudah tidak menemukan artikel itu di Blog saya.
Mesin pencari yang berbeda menghasilkan peringkat yang berbeda karena tidak semua Search Engine menggunakan algoritma yang sama untuk mencari melalui indeks.
Salah satu hal yang dipantau oleh algoritma Search Engine adalah frekuensi dan lokasi kata kunci (keyword) di sebuahhalaman web. Kemudian algoritma menganalisis halaman yang memiliki tautan/link ke halaman lain di Web. Dengan menganalisa bagaimana halaman terhubung ke satu sama lain, sebuah mesin dapat menentukan topik informasi suatu halaman, jika kata kunci dari halaman yang terhubung melalui link mirip dengan kata kunci pada halaman yang menghubungkan sebelumnya (Homepage – link – page 1 – link – page 2 – dst).
Semoga bermanfaat…

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. 30 Maret 2012 pukul 18:45

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: