Beranda > info mig33 > Panduan menjadi admin’s helper

Panduan menjadi admin’s helper

Kali ini saya akan membahas tentang cara menjadi admin’s helper yang mendasar. Admin’s helper adalah moderator helper room dan user-user yang ikut-ikutan help admin dengan berbagai motivasi. Kita sebut saja kedua jenis ini sebagai “HELPER”.

Pada awalnya, tidak ada helper-helper-an. Pada tahun 2008, users yang request admin melalui pv chat ke admin. Admin pada saat itu bisa mendapat puluhan pv.

Karena terlalu banyak pv, admin mengajak beberapa orang yang dipercaya untuk membantu helping dengan cara checking room. Jadi kalau admin menerima pv request room, admin akan menginformasikan room tersebut di group chat. Dan helper ini akan mengecek ke room tersebut dan menginformasikan kepada admin apa yang terjadi.

Dengan group chat ini juga ada kendala apabila ada yang DC. Maka anggota yang di group chat harus meng-invite teman yang DC tadi ke group chat. Akhirnya dibuat lah helper room supaya tidak perlu invite group chat.

Karena room ini terbuka, room global, mulai lah user-user masuk ke room helper tersebut. Ada yang murni lapor karena roomnya rusuh, ada yang cuma nongkrong, ada yang cuma caper doang plus ingin eksis, ada yang ingin ikut menjadi admin’s helper, ada yang cuma ingin melihat perusuh di-kick admin, dan lain-lain.

Dengan room helper ini, system kerjasamanya juga sudah berubah. kalau di GC, admin yang meminta helper untuk checking room. Sedangkan di room helper, helper yang menginformasikan room yang rusuh (cari-cari) atau check room berdasarkan request users.

Sebagai catatan, di mig33 tidak ada jabatan “ADMIN HELPER” atau “ADMIN’S SPY” atau sebutan yang lain.

Setelah sekian lama, akhirnya saya tergelitik dengan tingkahlaku para helper ini karena banyak helper, tetapi tidak tau cara dan tugas menjadi admin’s helper.

KEADAAN YANG SERING TERJADI :

1. Helper cuma treak-treak di room tanpa checking room, seperti :
– Done by admin xxx
– @ abc room clear
– @xxxxx room
Yang parah lagi seperti paduan suara.

Yang paling konyol: @ abc room check pls.
Kalo check pls, lah buat apa ikut-ikutan helping??

2. Banyak helper yang cek room seperti wartawan part timer, yaitu enter-lep room. Enter-leave room, kalo kena kick admin, heboh πŸ˜€ Kalau checking-nya terlambat, pokok ikut treak aja. Yang parah lagi, sudah masuk room telat, room-nya sepertinya tenang, langsung treak di helper room: done / clear. Padahal gak tau apa yang terjadi.

Yang paling kronis, kalau ada staff. Bisa kayak “kejar setoran” treaknya.

3. Help copas. Kerjanya cuma copy-paste doang. Tidak cek room, tapi kesannya helping. Nanti kalau ada yang kasih info “done” atau “clear”, ikut-ikutan done dan clear. Sungguh menggelikan πŸ˜€

Sebagai helper, gak perlu “cari muka”. Admin sudah peka dengan yang begini-begini. Orang tidak tulus pasti kelihatan.

BAGAIMANA SIH CARA HELPING YANG BENAR?

Cara paling gampang, pakai logika. Posisikan diri anda sebagai admin, dan bayangkan. Maka anda akan mengerti. Kalo masih aja gak ngerti, ya sutra lah… forget it.

1. Checking room dengan benar. Bukan cuma ikut-ikutan treak dan heboh doang.

2.Informasikan room dengan jelas.
– Nama room
– Apa yang terjadi, flood, multi, enter-leave dll. Multi seri atau acak.
– Bila memungkinkan sebut id, sebutkan id-nya. Misalnya seperti flood single, auto welcome, copy text, mirror text, tidak sopan dan lain-lain.
Intinya berikan informasi sejelas-jelasnya. Admin akan lebih cepat bila mendapat informasi yang jelas. jadi sebelum masuk room sudah tau apa yang akan terjadi. Apa permasalahannya.

3. Beri update.
Informasi update sangat penting. Dengan informasi update yang cepat, admin tidak buang waktu dan bisa me-moderating room selanjutnya.
Contoh update seperti:

* Clear atau done by admin xxx, apabila room yang di-request sudah ditangani oleh admin lain.
* Flood stop
* Roll stop
* Multi leave
* Kicked by users
* dan lain-lain.

4. Stay di room yang rusuh. Bukannya enter-leave. Pastikan room sudah benar-benar tenang, baru anda leave room.

5. Kalau sudah ada helper lain di room yang rusuh, helper lain tidak perlu ikut-ikutan masuk. Gak ada gunanya.

Itu 5 point dasar yang harus diketahui admin helper supaya bisa benar-benar membantu users.

YANG PERLU DIPAHAMI :

1. Anda menjadi helper bisa saja kena misskick admin. Ibarat di real, sedang ada tawuran, anda malah menonton. Kalo kena batu nyasar, ya wajar.
2. Jangan ketik apapun saat ada flood. Anda bisa kena lock admin dan ikut ke-kick admin.
3. Jangan enter-leave saat ada roll enter-leave.
4. Siap dimaki dan dihina perusuh.
5. Siap dibomb pv, GC, pic, call, add, dll
6. Tidak untuk alasan pribadi. Banyak users yang jadi helper dengan tujuan dekat admin dan memanfaatkan admin untuk kick musuhnya dengan cara licik dan fitnah. Bahkan memperlakukan admin seperti jin. Kalo sama saya, nggak bisa hohoho… πŸ˜€

Untuk menjadi helper level advance, anda harus mengerti “Elmu Warung Mbah Moo” yang tidak saya bahas di sini.

Post diatas di tulis oleh : icarus777

Iklan
Kategori:info mig33
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: